BPAD Yogyakarta

Standar Pelayanan Publik



Jenis Pelayanan

: Layanan Surat Keterangan Bebas Pustaka

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

Pelayanan

  • Menunjukkan kartu atau surat identitas mahasiswa yang masih berlaku.
  • Mengisi formulir surat keterangan bebas pustaka.

2..

Sistem, mekanisme, dan prosedur

  • Pemustaka membawa persyaratan yang telah ditentukan (kartu atau surat identitas mahasiswa yang masih berlaku).
  • Petugas mengecek di Aplikasi Otomasi Perpustakaan INLISLite untuk mengetahui ada/ tidaknya pinjaman buku.
  • Apabila pemustaka masih mempunyai pinjaman buku, harus dikembalikan terlebih dahulu ke petugas koleksi umum.
  • Apabila pemustaka sudah menjadi anggota perpustakaan, petugas menonaktifkan status keanggotaan serta meminta kembali kartu anggota perpustakaan.
  • Apabila pemustaka (mahasiswa) menggunakan data KTP sebagai syarat membuat kartu anggota, makakartu anggota tetap berlaku sampai batas berlaku yang tertera di kartu anggota.
  • Saat pembuatan Surat Bebas Pustaka, pemustaka sudah tidak mempunyai peminjaman.
  • Petugas merubah status keanggotaan menjadi NON ACTIVE.
  • Petugas menyerahkan form surat keterangan bebas pustaka kepada pemustaka untuk diisi dengan data diri.
  • Pemustaka menyerahkan kembali form surat bebas pustaka yang telah diisi data diri.
  • Petugas memeriksa kelengkapan data, menyalin, dan memberikan nomor surat bebas pustaka ke buku induk.
  • Pemustaka melakukan pembayaran ke petugas surat keterangan bebas pustaka
  • Petugas menyerahkan surat keterangan bebas pustaka dan bukti pembayaran kepada pemustaka.

Ketentuan khusus:

Surat keterangan bebas pustaka berlaku selama 3 bulan sejak diterbitkan.

3.

Jangka waktu penyelesaian

+ 5 menit

4.

Biaya/tarif

Rp. 4.000,- sesuai Perda DIY no. 4 Tahun 2016

5.

Produk pelayanan

Surat Keterangan Bebas Pustaka

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

  • Kotak saran dan masukan
  • SMS / WA Pengaduan ke 08812658192
  • Telepon (0274) 4536233, faks (0274) 4536234
  • Website: bpad.jogjaprov.go.id
  • Email: seksilayanan_bpad@yahoo.co.id
  • Facebook: (fan page) @grhatamapustaka
  • Instagram: GRHATAMAPUSTAKA
  • Twitter: @grhatamapustaka

*) Penanggung jawab tindak lanjut dari saran dan masukan adalah

Seksi Pelayanan Perpustakaan

7.

Waktu Pelayanan

Hari Senin s/d Jum’at

Hari Sabtu s/d Minggu

Hari Besar Nasional

: 08.00 – 22.00 WIB

: 08.00 – 16.00 WIB

: LIBUR