BPAD Yogyakarta

Profil Balai Layanan Perpustakaan

Profil Balai Layanan Perpustakaan

PROFIL BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN
Unit Grhatama Pustaka

Jl. Janti, Karangjambe, Banguntapan Bantul, DI. Yogyakarta
No. Telpon : (0274) 4536236, (0274) 4536233, (0274) 4536234

Akun media Sosial:

Facebook: Grhatama Pustaka

Twitter: @grhatamapustaka

Instagram: @grhatamapustaka

Grhatama Pustaka adalah nama yang diberikan oleh Gubernur DIY bagi gedung perpustakaan yang beralamat di Jalan Janti Banguntapan Bantul. Secara kelembagaan gedung ini adalah kantor dari UPTD Balai Layanan Perpustakaan (Balai Yanpus). Berdasarkan Peraturan Daerah Istimewa (Perdais) Daerah istimewa Yogyakarta nomor 3 Tahun 2015 tentang Kelembagaan Daerah Istimewa Yogyakarta disebutkan bahwa BPAD DIY merupakan salah satu Lembaga Teknis Daerah (LTD) yang mempunyai tugas untuk melakukan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah urusan bidang perpustakaan dan kearsipan.

Lebih lanjut UPTD Balai Layanan Perpustakaan diatur berdasarkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 105 tahun 2015 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja UPT Balai Layanan Perpustakaan. Disebutkan dalam Peraturan Gubernur tersebut bahwa tugas Balai Layanan Perpustakaan adalah melaksanakan pelayanan dan pelestarian bahan pustaka.Grhatama Pustaka diresmikan oleh Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pada hari Senin tanggal 21 Desember 2015. Bangunan/gedung layanan perpustakaan ini merupakan perpaduan konsep modern dan tradisional. Kemegahan dan berbagai fasilitas mengakomodir kebutuhan masyarakat modern akan kemudahan dan kenyamanan. Filosofi bangunan mencerminkan semangat keistimewaan Jogja serta cita-cita kesempurnaan manusia Jawa sebagai pribadi yang prakoso, wulung, agung dan wangi melalui pemanfaatan perpustakaan.Terdiri dari 3 lantai Grhatama Pustaka siap menjadi destinasi rekreatif edukatif bagi masyarakat DIY dan sekitarnya.

Jenis Layanan yang ada di Unit Grhatama Pustaka yaitu :

LANTAI I
a. Layanan koleksi kanak-kanak
b. Layanan Ruang bermain Anak
c. Layanan Ruang musik Anak
d. Layanan Ruang dongeng Anak
e. Layanan pemutaran film Bioskop/Cinema 6D

LANTAI 2
a. Layanan Keanggotaan Perpustakaan
b. Layanan Bebas Pustaka
c. Layanan Informasi & Customer Service
d. Layanan Koleksi Braile
e. Layanan Koleksi umum
h. Layanan Koleksi Referensi umum

LANTAI 3

a. Layanan Koleksi digital
b. Layanan Koleksi langka, kamus & ensiklopedia
c. Layanan Koleksi majalah & koran
d. Layanan Koleksi tandon/penyimpanan bahan pustaka
e. Layanan Koleksi peraturan perundangan
f. Layanan Koleksi deposit
g. Layanan Koleksi skripsi
h. Layanan pemutaran film di Ruang Audio visual


FASILITAS
a. Free Wifi
b. Gazebo
d. Auditorium
e. Ruang Diskusi dan Seminar
f. Ruang Audio Visual
g. Mushola

JAM BUKA LAYANAN
Senin-Jumat : 08.00 s.d. 22.00
Sabtu - Minggu : 08.00 s.d. 16.00

Hari Libur Nasional : TUTUP


KETENTUAN UMUM:

1. Setiap orang yang berkunjung harus mengisi aplikasi checkpoint melalui 2 komputer yang telah disediakan di depan pintu masuk atau melakukan scaning kartu bagi pemegang Kartu Tanda Anggota

2. Pendaftaran/ pembuatan Kartu Tanda Anggota tidak dipungut biaya/ gratis. Pengunjung menyerahkan fotocopy identitas (KTP/KTM/Kartu pelajar) mengisi form diaplikasi, dan bersiap untuk pengambilan foto.

3. Sesuai dengan perda Provinsi DIY nomor 12 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha pembuatan Keterangan Bebas Pustaka dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda sebesar Rp.200 per buku per hari (dihitung hari kalender).

4. Pengunjung yang masuk di ruang koleksi wajib menitipkan tas pada petugas locker kecuali akses luar ruangan

5. Ruang permainan hanya diperuntukkan bagi pengunjung s.d umur 6 tahun dan dengan pengawasan orang tua/pendamping.

6. Ruang koleksi berkarpet bebas dari alas kaki. Alas kaki harus dilepas, dimasukkan pada tas/kantong yang telah disediakan dan dibawa oleh masing-masing pengunjung.

7. Pemutaran film pada Cinema 6 D setiap hari sebanyak 4 sesi pada pukul 09.00 11.00, 13.00 dan 15.00 WIB dengan kapasitas 12 seat/kursi per sesi. Setiap sesi masimal 3 kali putar. Pengunjung harus membeli tiket sebesar Rp.20.000 maksimal 10 menit sebelum jam tayang.

8. Untuk alasan keamanan/keselamatan maka pengunjung dengan kondisi kesehatan tertentu (ibu hamil, penyakit jantung, phobia ketinggian/kecepatan) tidak diperkenankan menggunakan layanan cinema 6D.

9. Untuk alasan keamanan/keselamatan maka Bioskop 6D dilayankan bagi pengunjung dengan umur minimal 9 tahun atau kelas 3 SD.

10.Pemutaran koleksi audio visual setiap hari sebanyak 2 sesi pada pukul 11.00 WIB dan 14.00 WIB dengan kapasitas 150 seat/kursi per sesi.

11.Pengunjung dibawah 5 tahun harus dalam pengawasan orang dewasa/ orang tua masing-masing.





Unit Jogja Library Center (JLC)
Jl. Malioboro 175 Yogyakarta
Telp. (0274) 512473

Jenis layanan yang ada di Unit Jogja Library Center (JLC) Yaitu :
a. Layanan Yogyasiana
b. Layanan Majalah dan Surat Kabar
c. Layanan Kyoto Corner
d. Layanan Internet
e. Layanan Audio Visual
f. Layanan Center of Excelent (CoE) Budaya Jawa


JAM LAYANAN
Senin-Kamis : 08.00 s.d. 16.00
Jumat : 08.00 s.d. 14.30
Sabtu : 08.00 s.d. 13.00


Unit Rumah Belajar Modern (RBM) Sewon
SewonBangunharjo, Sewon Bantul
Telp.(0274) 4396026

Jenis layanan yang ada di Rumah Belaar Modern (RBM) Sewon yaitu :
a. Layanan Perpustakaan kanak-kanak
b. Layanan Mendongeng
c. Layanan Wisata Pustaka
d. Layanan Internet
e. Layanan Permainan Edukatif
f. Layanan Peningkatan Kreatifitas


JAM LAYANAN
Senin-Kamis : 08.00 s.d. 16.00
Jumat : 08.00 s.d. 14.30
Sabtu : 08.00 s.d. 16.00


Layanan Request Artikel Luar Negeri

Anda dapat meminta fullteksj artikel jurnal internasional untuk keperluan riset dan pendidikan. Layanan ini bersifat gratis dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Permintaan artikel maksimal 2 (dua) judul per hari.
2. TIDAK digunakan untuk keperluan komersil.
3. Isikan identitas Anda selengkap dan sejelas mungkin.
4. Fulltext akan dikirimkan melalui e-mail.
5. Info lebih lanjut silakan SMS/WA ke 081378484501.

Untuk melakukan request artikel, Anda dapat mengisi formulir permohonan dengan meng-klik link INI