DPAD Yogyakarta

Penyusutan Arsip

 Artikel Kearsipan  2 April 2008  Super Administrator  6869  3838

Arsip merupakan salah satu sumber informasi manajemen. Oleh karena itu arsip merupakan sesuatu yang penting dalam kegiatan administrasi maupun pelaksanaan tugas suatu lembaga. Menggingat arti penting arsip maka perlu adanya sistem pengelolaan yang sistematis, efektif, dan efisien. Arti penting arsip bukan menjadi alasan untuk menyimpan seluruh arsip  yang dimiliki oleh suatu instansi. Hanya yang benar-benar memiliki nilai guna yang tinggi perlu untuk disimpan secara permanen. Sedang untuk arsip yang tinggi perlu untuk disimpan secara permanen. Sedang untuk arsip yang tidak memiliki nilai guna yang tinggi, apabila telah habis retensi perlu untuk dilakukan pemusnahan. Walaupun demikian bukan berarti untuk memusnahkan arsip yang tidak bernilaiguna dapat dilakukan dengan sembarang, tetapi pemusnahan harus melalui mekanisme yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Artikel Kearsipan Lainnya

JADWAL RETENSI ARSIP, PENILAIAN, DAN  PEMUSNAHAN  ARSIP (Oleh  :  Rusidi*) JADWAL RETENSI ARSIP, PENILAIAN, DAN PEMUSNAHAN ARSIP (Oleh : Rusidi*)
 6 January 2017  226405

Sekilasnampak ada kejanggalan hubungan antara jadwal retensi arsip, penilaian arsip,dan pemusnahan arsip. Jadwal retensi arsip...