05 Maret, 2020

Pernah dengar cerita Ande-ande Lumut? Dongeng populer itu adalah salah satu contoh Cerita Panji dalam bentuk dongeng. Masih banyak dongeng lainnya, seperti Keong Emas, Golek Kencana, Panji Laras, Enthit dan sebagainya. Cerita Panji juga terukir dalam belasan relief di belasan candi Jawa Timur, bahkan ditemukan patung Raden Panji dan Sekartaji di Candi Selokelir di lereng gunung Penanggungan, Jawa Timur, dimana patung Panji itu sekarang disimpan di galeri Soemardja ITB.

Cerita Panji menjadi bahan baku lakon kesenian rakyat (wayang beber, wayang topeng, wayang krucil, kethek ogleng, gambuh dan sebagainya), diabadikan dalam lukisan klasik dan motif batik. Bahkan Cerita Panji pernah menjadi budaya tanding terhadap kebesaran Ramayana dan Mahabarata pada zaman Majapahit.

Pembahasan Panji tersebut didiskusikan dalam Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan Maret 2020 yang kembali digelar oleh Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY dengan tema Mengenal Lebih Dekat Budaya Panji Dan Budaya Mataraman di Jawa Timur (5/3) di Ruang Seminar Grhatama Pustaka.

Narasumber Telaah Pustaka berasal dari Jawa Timur beliau adalah Henri Nur Cahyo dari Pusat Konservasi Budaya Panji Jawa Timur dan Drs. Sudjono, MM. (Pustakawan Ahli Utama) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Materi telaah pustaka dapat diunduh di tautan berikut.