25 Juli, 2019

TELAAH PUSTAKA “Memasyarakatkan Manuskrip Jawa, Menguak Jejak Peradaban”

Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan Juli 2019 kali ini diselenggarakan oleh Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY dengan tema “Memasyarakatkan Manuskrip Jawa, Menguak Jejak Peradaban” yang diselenggarakan pada Rabu (25/7/2019) di Ruang Auditorium Grhatama Pustaka.

Narasumber Telaah Pustaka kali ini berasal dari seorang dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, FKIP, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, beliau adalah Bapak Adi Deswijaya, S.S., M.Hum. dengan narasumber kedua adalah Kepala Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY, Bapak Drs. Nur Satwika.

Tema diatas sangat menarik untuk diulas, karena manuskrip dan naskah kuno belum banyak masyarakat yang dapat mengakses dan mengetahui keberadaan manuskrip tersebut, untuk itulah salah satu tugas perpustakaan sebagai fungsi pelestarian dapat menjembatani akses agar masyarakat lebih mengenal manuskrip.

DPAD DIY sebagai perpustakaan provinsi, sudah dan akan terus berupaya untuk ikut aktif menyelamatkan manuskrip jawa hingga proses digitalisasi berlangsung. Demikian yang disampaikan oleh Drs. Nur Satwika dalam pemaparannya.

Sebagai usulan dari Narasumber Adi Deswijaya, sudah selayaknya juga untuk mendorong tingkat kunjungan wisatawan asing maupun local, dengan memunculkan destinasi wisata baru yang unik yaitu tour pariwisata berbasis mansukrip atau teks-teks naskah kuno. (nw)

Materi telaah pustaka dapat diunduh di tautan berikut.