26 September, 2016

BPAD DIY ditunjuk oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai koordinator Center of Excelence Budaya Jawa. Center of Excelence Budaya Jawa beranggotakan BPAD DIY, Provinsi Jawa Timur,  Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta serta Provinsi Banten.Sebagai rangkaian kegiatan Center of Excelence Budaya Jawa Tahun 2016, BPAD DIY akan menyelenggarakan telaah pustaka budaya Jawa. Telaah pustaka Budaya Jawa merupakan kegiatan untuk lebih mengetahui isi/kandungan dari suatu buku. Untuk bulan September ini telaah pustaka budaya Jawa akan dilaksanakan  3 kali mulai tanggal 26 - 28 September 2016 mulai pukul 08.30 WIB-selesai di ruang Seminar Grhatama Pustaka Jalan Janti Banguntapan Bantul. Kegiatan ini bersifat gratis dan dapat diikuti oleh masyarakat umum. Secara khusus BPAD DIY mengundang perwakilan pelajar SLTA di Daearah Istimewa Yogyakarta dengan harapan dimulai dari usia muda masyarakat DIY khususnya mengetahui dan memahami  khasanah dan kekayaan budaya Jawa. 

Pada hari Senin tanggal 26 September 2016 diagendakan telaah budaya mengenai Pustaka Jawatimuran dan Pustaka Jawaneka yang akan disampaikan oleh Sujarwo, S.Sos, M.Si Pustakawan Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya pada tanggal 27 September 2016 BPAD Provinsi Jawa Tengah akan menjadi narasumber telaah pustaka mengenai lokal konten pustaka Jawa Tengah. Berikutnya hari Rabu tanggal 28 September 2016 tema "Batik sebagai warisan budaya" akan dibahas oleh Bapak Didik Wibowo dari Museum Batik Yogyakarta.

Diharapkan dengan kegiatan telaah pustaka budaya Jawa masyarakat DIY dan sekitarnya dapat lebih mengenal, mencintai dan tergerak untuk mempelajari serta melestarikan budaya Jawa.Harus ditanamkan khususnya kepada generasi muda bahwa Budaya Jawa tidak kalah bagus dengan budaya manca negara.(WT/2892016)