14 Desember, 2016

Cara Membuat Tempe Mendoan – Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Banyumas. Karena hampir 99% warga Banyumas menyukai gorengan dari bahan tempe ini. Memiliki rasa gurih dengan citarasa yang khas membuat mendoan selalu enak untuk di nikmati. Jadi tak aneh lagi walaupun di makan setiap hari juga *langka mblengere* itu istilah dari bahasa ngapak bahasanya orang Banyumas yang memiliki arti tidak pernah ada bosannya.

Tempe mendoan, bakwan, dage dan gembus goreng merupakan kudapan kebanggaan yang sudah menjadi camilan kebiasaan orang Banyumas untuk teman berkumpul. Jadi kalau lagi berkumpul dengan teman, keluarga atau kerabat pasti selalu ada tempe mendoan. Kalau kata pemuda maupun orang tua warga Purwokerto Banyumas mah kurang lengkap kalau berkumpul tanpa mendoan. Gorengan yang bertekstur lembek ini paling enak dan mantap di makan waktu baru matang dengan ditemani saus sambal, sambal kecap pedas serta cabai rawit kecil yang bahasa Jawa nya #nyigit.

Tempe mendoan yang berarti mendo-mendo di pangan ini sebenarnya merupakan potongan tempe kedelai berselimut tepung terigu berbumbu lalu digoreng di dalam minyak yang cukup panas dan banyak. Untuk menghasilkan tempe mendoan asli khas Banyumas di gorengnya hanya sebentar saja. Jadi cuma di celup ke minyak panas kurang lebih menggorengnya sekitar 2 menit. Kiranya tepung terigu sudah membungkus tempe dengan cantik langsung di angkat dan di tiriskan ke tisu makan agar menyerap minyak mendoan.

Yuk Icip-icip : Resep Donat Tanpa Kentang Topping Madu Empuk

Seperti yang saya bilang di atas, teksture mendoan tempe ini masih lembek alias mendo dan tidak ada crispy atau kriuk tepung sama sekali. Mendo inilah yang sangat khas dari Tempe Mendoan Banyumas. Namun karena kemajuan zaman, kini mendoan tak melulu mempertahankan teksture lembeknya. Karena kini muncul inovasi baru dengan jenis tempe mendoan aneka kreasi yang lebih enak dan gurh.

tempe mendoan
Mendoan Goreng (Mendo-mendo di Pangan)

Mulai dari tempe mendoan pedas, tempe mendoan keju, tempe mendoan daun jeruk, tempe mendoan crispy / mendoan garing kriuk, mendoan bayam, tempe mendoan imut ala cafe serta sushi mendoan tempe. Wah ternyata banyak kreasi mendoan yang lezat ya