DPAD Yogyakarta

OPINI PERPUSTAKAAN Perpustakaan Sebagai Pintu Gerbang llmu Penge

 Opini  20 July 2011  Super Administrator  17242

Dunia perpustakaan dewasa ini memegang peranan penting dan strategis untuk mengantar generasi muda Indonesia menuju pintu gerbangnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang canggih dan modern. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan wawasan pengetahuan yang luas dari warga negara suatu bangsa, hendaknya dapat memanfaatkan kehadiran perpustakaan di daerahnya. Kehadiran sebuah perpustakaan di tengah-tengah masyarakat luas hendaknya dapat dimanfaatkan secara baik dan benar oleh semua lapisan masyarakat Indonesia baik itu dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum.
Di jaman yang serba modern serta canggih ini masyarakat dituntut untuk rajin mengunjungi perpustakaan, untuk membaca berbagai buku sebagai sumber ilmu pengetahuan. Apalagi di setiap perpustakaan daerah di negeri ini sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas teknologi yang sudah canggih serta memadai seperti tersedianya fasilitas komputer gratis serta didukung internet yang siap dioperasikan sesuai dengan keinginan pengunjung perpustakaan. Di dunia internasional pada era globalisasi ini penulis mengharapkan sekali lagi agar masyarakat kita perlu didorong lebih kuat lagi agar dalam diri mereka muncul semangatnya serta motivasi yang tinggi untuk terus belajar, tanpa mengenal batas waktunya demi peningkatan pengetahuannya.
Karena masyarakat yang selalu rajin membaca buku-buku baru di perpustakaan, setiap harinya tentu akan mendapatkan nilai tambah yang bersifat positif sekali bagi dirinya sendiri, sedangkan masyarakat kita yang budaya membacanya malas serta rendah akan ketinggalan dalam memperoleh berbagai informasi yang baru serta penting lainnya dari kawasan dunia yang global saat ini. Melalui tulisan ini penulis sangat mendukung sepenuhnya gagasan yang pernah diutarakan oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto pada berbagai kesempatan pernah menyatakan akan dibuka kantor perpustakaan di setiap kelurahan yang ada di dalam kota Yogyakarta ini.
Oleh karena ide Walikota Yogyakarta Herry Zudianto untuk membentuk perpustakaan di setiap kelurahan adalah hal yang positif serta brilian bagi usaha mencerdaskan warganya sudah sewajarnya disambut dengan senang hati serta mendukung sepenuhnya atas kebijakan walikota nantinya. Dengan demikian di masa yang akan datang tidak ada lagi masyarakat Yogyakarta yang tidak memperoleh kesempatan yang luas untuk menambah wawasannya hanya karena tidak adanya perpustakaan yang representatif dan memadai.
Untuk bisa menarik minat baca dari masyarakat kita dewasa ini memang sudah selayaknya Pemda Kota Yogyakarta harus membuka akses yang seluas-luasnya bagi terpenuhinya kebutuhan informasi pengetahuan bagi masyarakat yang membutuhkannya. Salah satunya yang sudah relevan dengan hal tersebut di atas dengan adanya kebijakan Pemda Kota Yogyakarta saat ini yang telah mendirikan lagi beberapa ruang publik bagi kebutuhan pengetahuan membaca bagi masyarakatnya. Sebesar apapun animo membacanya masyarakat Indonesia dewasa ini guna meningkatkan wawasan pengetahuannya, apabila tidak didukung dengan sarana prasarana berupa ruang baca yang memadai maka sia-sia saja dalam mengangkat kualitas sumber daya manusia Indonesia tidak akan tercapai selamanya.
Dengan tersedianya ruang baca yang memadai dan kondusif suasananya sangat memegang peranan yang penting sekali dalam mendukung sepenuhnya kemauan masyarakat kita dalam rangka mencerdaskan kemampuan intelektualnya. Dengan diperbanyaknya ruang publik bagi kepentingan masyarakat oleh setiap Pemda yang ada di negeri tercinta ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan pengetahuan dari warga masyarakatnya. Hal ini sebagai bagian dari komitmen pemerintah kita sebagai bentuk perhatian yang serius terhadap pentingnya kemampuan membaca dari warganya sebagai modal awal untuk membangun jati dirinya serta membangun daerah dan negaranya menuju kemajuan yang sangat kompetitif dan dinamis. Idealnya memang keberadaan kantor perpustakaan di Indonesia harus sudah menyebar sampai ke tingkat kelurahan di seluruh pelosok negeri ini, dengan demikian semua masyarakat dari semua lapisan dan golongan mendapat kesempatan yang luas untuk menikmati fasilitas perpustakaan pemerintah tadi.
Oleh karena itu pendirian kantor perpustakaan di setiap kelurahan yang ada di kota Yogyakarta dewasa ini hendaknya bukan sekedar labelnya saja tetapi ada yang jauh lebih penting dari penampilan perpustakaan tersebut adalah mampu mempertanggungjawabkan kehadirannya secara baik dan berguna bagi masyarakat itu sendiri. Hendaknya kebijakan yang telah dibuat oleh Pemerintah kota Yogyakarta ini dengan sendirinya bisa menjalar ke daerah lainnya di seluruh Indonesia sehingga semua masyarakat merasa termotivasi lagi kemauannya guna memperkaya wawasan pengetahuan yang sudah dimilikinya.
Penulis sendiri merasa optimis dan yakin apabila setiap Pemda di seluruh Indonesia ini sudah memiliki kantor perpustakaan di setiap kelurahannya maka hal ini mencerminkan pemda tersebut sudah punya komitmen yang tinggi bagi usaha perbaikan dalam peningkatan ilmu pengetahuan terhadap masyarakatnya. Hendaknya kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah kota Yogyakarta ini bisa menjalar ke daerah lainnya di seluruh wilayah Indonesia, sehingga semua masyarakatnya termotivasi lagi kemauannya guna memperkaya wawasan pengetahuan. Sebuah badan perpustakaan daerah dan kelurahan idealnya harus dilengkapi dengan berbagai perangkat teknologi modern serta canggih guna memperlancar tugas pelayanan dari para pegawainya dalam memenuhi permintaan dari para pengunjung di perpustakaan tersebut.
Apabila semua faktor pendukung tersebut di atas sudah tersedia dengan baik dan lengkap fasilitas-fasilitasnya oleh pemda tersebut maka hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para pemakai fasilitas tersebut, sehingga memberikan sesuatu yang baru pada masyarakat yang membutuhkannya. Hal-hal yang paling mendasar seperti inilah yang sekiranya menjadi sangat prioritas dan penting untuk dipikirkan oleh pemerintah daerah sebagai bagian dari bentuk pelayanannya terhadap harapan dari masyarakat yang dilayaninya.
Sangat diharapkan oleh kita semua hendaknya manfaat positif dari kehadiran semua perpustakaan di setiap kelurahan yang ada di kota Yogyakarta dan juga di seluruh Indonesia nanti benar-benar dapat dirasakan secara langsung oleh warganya sendiri guna meningkatkan kemampuan membacanya selama ini. Hal ini untuk mengurangi jumlah masyarakat Indonesia yang sampai detik ini jumlah penduduknya begitu besar untuk tingkat dunia, tetapi ironisnya di balik jumlah penduduk yang banyak itu tadi ternyata warganya paling banyak juga yang tidak memperoleh pengetahuan yang memadai atau budaya membacanya sangat rendah dan buruk sekali. Hal ini apabila kita bandingkan dengan tingkat kemampuan membaca negara lainnya di dunia ini yang begitu tinggi jumlah masyarakatnya yang gemar membaca buku-buku di perpustakaan setiap harinya. Tentunya kondisi seperti ini sangat memprihatinkan pemerintah Indonesia karena hal ini akan berpengaruh pada peningkatan kualitas pengetahuan mereka dalam segala bidang kehidupan karena tidak ditopang atau didukung oleh bekal pengetahuan yang luas dan cukup. Hanya dengan meningkatkan minat membaca masyarakatnya dewasa ini maka sudah sewajarnya pendirian perpustakaan di masing-masing tingkat kelurahan yang ada di kota Yogyakarta ini kita harus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Walikota Yogyakarta. Badan Perpustakaan Nasional dan Daerah sebagai pusat segala informasi pengetahuan bagi masyarakat luas di seluruh dunia ini, hendaknya mampu meningkatkan dengan baik lagi fungsi pelayanannya kepada masyarakat luas, sehingga sumber daya manusia kita akan lebih baik kualitasnya pada masa-masa yang akan datang.
Hendaknya kehadiran perpustakaan kota Yogyakarta yang lebih representatif lagi penampilan fisik luar dan dalamnya lagi akan mampu lagi menarik minat membaca warga kota Gudeg ini sehingga keinginannya tinggi untuk mengunjungi kantor perpusatakaannya. Mengingat dalam ruang baca perpustakaan kota ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas teknologi komputer dan internet yang bisa diakses oleh pengunjung setia perpusatakaan guna meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Karena di tahun 2010 ini perpustakaan kota Yogyakarta telah tampil beda dengan penampilan sebelumnya yang sangat sederhana dan terbatas tempat membaca bagi para pengunjungnya. Oleh karena itu penulis mengajak seluruh warga kota yogyakarta yang ada disekitarnya baik itu yang berstatus pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat pada umumnya untuk rajin-rajinlah mengunjungi perpustakaan kota ini.
Apalagi letak perpustakaan kota Yogyakarta ini sangat strategis sekali karena berada di tengah-tengah kota Yogyakarta sehingga mudah di jangkau oleh masyarakat dari berbagai penjuru kota Yogyakarta, kerena degan rajinnya warga kota Yogyakarta mengunjungi perpusatakannya maka hal ini akan menambah wawasan pengetahuan yang luas bagi masyarakat itu sendiri. Inilah manfaat positif yang dapat diperoleh warga masyarakat kota Yogyakarta karena tersedianya perpusatakaan yang memadai fasilitas sarana pendukung yang tersedia didalamnya bagi kebutuhan para pengunjung perpustakaan itu sendiri. Penulis melihatnya selama ini dari tahun ketahun jumlah pengunjung perpustakaan kota Yogyakarta selalu membludak jumlahnya, ini semua berkat adanya kerjasama yang baik antara pengelola perpusatakaan kota Yogyakarta dengan walikota Yogyakarta sehingga menarik minat membaca warga masyarakatnya dalam rangka meningkatan wawasan pengetahuan dan teknologinya.
Karena dengan rajin membaca buku diberbagai perpustakaan yang tersedia di negeri ini maka wawasan dan pengetahuan setiap orang selalu bertambah dan meningkat secara signifikan juga. Dengan demikian kita menjadi manusia yang cerdas serta berwawasan luas karena memperoleh informasi-informasi yang terus berkembang di jagat raya ini. Hanya orang yang cerdaslah karena rajin membaca maka dia akan menguasai dunia ini lewat pengalaman maupun ilmu yang diperolehnya setelah membaca banyak buku-buku yang telah disiapkan oleh pemerintah kita disetiap kantor perpustakaan yang ada di kota yogyakarta ini atau juga buku yang disiapkan diperpustakaan daerah lainnya di nusantara ini.
Oleh karena itu penulis sendiri tak henti-hentinya mengajak kita semua agar terus meningkatkan kemampuan membacanya di perpustakaan baik membaca buku-buku referensi maupun koran dan majalah lainnya. Karena dengan meningkatkan minat membaca maka seseorang akan mendapatkan pengetahuan yang baru yang berguna sebagai modal utamanya agar ia bisa membekali diri dalam berkompetensi mendapatkan ruang hidup yang lebih baik dan menjanjikan di negeri ini. Dengan rajin membaca pola pikir seseorang akan terus berkembang dengan sendirinya dan ketajaman untuk menganalisis persoalan hidup yang akan datang akan mudah ia atasi. Dengan kata lain siapa yang rajin membaca berbagai jenis buku yang ada di perpustakaan maka orang tersebut telah lebih dulu memperoleh jalan hidup yang lebih baik sehingga ia dapat mengendalikan hidupnya dengan baik karena ia telah mendapatkan ilmunya dari membaca buku tadi.

Opini Lainnya

​Neural Computer, Processor of Human Brain Neurons ​Neural Computer, Processor of Human Brain Neurons
 21 March 2023  224

Neural Computer, Processor of Human Brain Neurons by: Hendrikus Franz Josef, M.Si\ (International Relations Observer, CEO The...

Russia Threatens to Blow Up ICC with Missiles Russia Threatens to Blow Up ICC with Missiles
 21 March 2023  216

Russia Threatens to Blow Up ICC with Missiles by. Hendrikus Franz Josef, M.Si\ (International Relations Observer, CEO The...

Penutupan Radio Nederland Siaran Bahasa Indonesia Penutupan Radio Nederland Siaran Bahasa Indonesia
 30 June 2012  171

Kegiatan terakhir Ranesi (kependekan dari Radio Nederland Siaran Indonesia) berlangsung Jumat 29 Juni 2012 dengan waktu siar pukul...

What Is Depleted Uranium Sent To Ukraine? What Is Depleted Uranium Sent To Ukraine?
 29 March 2023  292

What Is Depleted Uranium Sent To Ukraine? by: Hendrikus Franz Josef, M.Si\ (International Relations Observer, CEO of The...