24 Oktober, 2016

Upacara Jamasan Kereta Pusaka Kraton Yogyakarta dilakukan setiap malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon di bulan Suro bertempat di Museum Keraton Yogyakarta. Jamasan merupakan ritual untuk merawat dan membersihkan benda-benda pusaka yang dilakukan sejak berabad-abad silam oleh masyarakat Jawa dalam mengisi bulan Suro.

Berbagai macam Benda Pusaka milik Keraton Yogyakarta seperti Kereta, Gamelan, Keris, Tombak dan lain sebagainya di cuci yang diistilahkan dengan “Dijamasi” pada bulan Suro (Muharram) yang dilakukan pada hari istimewa yaitu Jum’at Kliwon atau Selasa Kliwon.

Salah satu proses Upacara Adat Yogyakarta Jamasan yang bisa dilihat oleh umum adalah Jamasan Kereta Pusaka Kanjeng Nyai Jimat. Kereta Pusaka ini merupakan kereta buatan Portugis tahun 1750-an hadiah dari Gubernur Jenderal Belanda dan menjadi tunggangan utama Sultan Hamengkubuwono I – IV.

Yang menarik dari prosesi Jamasan ini ribuan warga dari berbagai daerah selalu berebut air dari sisa cucian kereta karena percaya air tersebut memiliki berkah tersendiri.

Photo illustrasi by instagram (kratonjogja_)

Address;

Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Phone:

(0274) 4536233

E-Mail

bpad_diy@yahoo.com