29 Maret, 2017

Call Number : COE 149.3 Sim M

No. Inventaris : 1580-PD/B.13

Pengarang : Simuh

Judul : Mistik Islam Kejawen Raden Ngabei

Ranggawarsita : Suatu studi terhadap Serat Wirid Hidayat Jati.

Penerbit : Jakarta : Penerbit Universitas Indonsia

(UI-PRESS), 1988.


Mistik Islam Kejawen Raden Ngabei Ranggawarsita : Suatu studi terhadap Serat Wirid Hidayat Jati merupakan hasil penelitian atau telaah tentang Wirid Hidayat Jati yang disusun oleh Ranggawar-sita. Uraian penelitian ini disusun terdiri dari : Penda-huluan, Sekitar kehidupan dan karya – karya Ranggawarsito, Wirid Hidayat Jati, Mistik Islam kejawen dalam Wirid Hidayat Jati, Kesimpulan, dan Dalil – dalil. Fokus pembahasan Wirid Hidayat Jati yaitu pada aspek mistiknya. Ajaran mistik dalam kepustakaan Jawa sering disebut “ngelmu tuwo”. “Ngelmu tuwo” ini menjadi perhatian sebagian besar bangsa Indonesia, karena pada era globalisasi timbul kekhawati-ran akan tenggelamnya kepribadian bangsa Indonesia. Bahkan menurut pakar budaya Jawa Sri Mulyono mengatakan bahwa Wirid Hidayat Jati ini adalah mistikisme dan filsafat Nusantara abad XIX. Metode yang digunakan untuk menalaah Wirid Hidayat Jati meliputi :

1. Wirid Hidayat Jati sebagai suatu ajaran yang utuh dan bulat. Wirid Hidayat Jati dianalisis dan dipahami konsep – konsep ajaran yang dipergunakan menurut pemahaman dan penjelasan Ranggawarsita.

2. Menelusuri penjelasan tentang dalam karya pokok-pokok ajaran Wirid Hidayat Jati dari karya-karya Ranggawarsita lainnya.

3. Konsep – konsep yang terdapat dalam Wirid Hidayat Jati akan ditelusuri dan dibandingkan dengan serat – serat suluk, dan kitab – kitab tasawuf lainnya.

4. Wirid Hidayat Jati ditinjau berdasarkan keadaan msayarakat, perkembangan kebudayaan, dan tradisi pada saat itu.

Hasil penelitian dari Wirid Hidayat Jati karya Ranggawarsita yaitu:

1. Ajaran Wirid Hidayat Jati dijiwai oleh ajaran tasawuf.

2. Ajaran Wirid Hidayat Jati adalah ajaran Islam kejawen, bukan Hindu-Budha. (At)

Kata kunci : Islam Kejawen, Mistik, Ranggawarsita, Tasawuf, Wirid Hidayat Jati

Address;

Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Phone:

(0274) 4536233

E-Mail

bpad_diy@yahoo.com