27 April, 2017

Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan April 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah mengangkat tema “Wirausaha dalam Bidang Budaya Jawa” Kamis (27/4/2017) di Ruang Seminar lantai 3 Grhatama Pustaka Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY.

Narasumber Telaah Pustaka terdiri dari akademisi dan praktisi, pertama adalah Prof. Dr. Suwarna, M.Pd. Guru besar Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Bahasa dan Seni UNY yang menjelaskan tentang "Wirausaha berbasis budaya Jawa". Sedangkan narasumber kedua adalah Sayuti Anggoro dari Jurusan Bahasa dan Seni Unnes Semarang yang menjelaskan mengenai "Mutiara Kearifan Lokal Jawa sebagai Pembangun Karakter Bangsa".

Pada era kompetitif ini jiwa wirausaha sangat dibutuhkan untuk bertahan dari persaingan kompetitor lainnya sehingga terjadi survival. Wirausaha dapat meningkatkan kualitas hidup, pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi pengangguran. Dengan wirausaha, akan tercipta lapangan kerja, peningkatan penghasilan, dan perbaikan hidup. Perputran roda ekonomi berkontribusi pada pertumbuhana ekonomi karena ada surplus penghasilan, diversifikasi penghasilan, dan perputaran roda ekonimis yang efeisien. Wirausaha juga dapat mengurangi pengangguran. Para pewirausaha akan menciptakan lapangan kerja. Paling tidak lapangan kerja itu untuk dirinya sendiri, bahkan untuk orang lain, mitra, dan relasi.Dalam kesempatan ini, acara dibuka oleh Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan Meiranti Nurani, SH. yang mewakili Kepala BPAD DIY. Dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber dan seluruh peserta yang hadir dan berharap dengan adanya telaah pustaka budaya dapat menambah wawasan mengenai pentingnya mendalami budaya jawa sebagai dasar falsafah hidup manusia jawa dengan mengaktualisasikan ke dalam wirausaha dalam budaya jawa seperti event pernikahan.

Acara ini dihadiri sekitar 70 peserta yang berasal dari berbagai kalangan termasuk undangan siswa sekolah dari SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 6 Yogyakarta dan SMAN 9 Yogyakarta. Selain itu undangan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Kulonprogo dan Kab. Gunungkidul. (nw)