27 Juli, 2017

Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan Juli 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah mengangkat tema “Lokal Konten Pustaka dan Adat Istiadat Budaya Sunda” Kamis (27/7/2017) di Ruang Seminar lantai 3 Grhatama Pustaka Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY.

Narasumber Telaah Pustaka terdiri dari akademisi dan praktisi, pertama adalah Prof. Dr. A. Sobana Hardjasaputra, M.A. Guru besar ilmu sejarah Universitas Padjadjaran Bandung, yang mengulas mengenai budaya sunda dalam perspektif sejarah dan pustakanya. Sedangkan narasumber kedua adalah Ki Demang Wangsapyudin, penghayat Sunda wiwitan yang tinggal di Yogyakarta. Menceritakan kehidupan manusia sunda dari kelahiran sampai kematian.

Dalam kesempatan ini, acara dibuka oleh Kepala Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY Dra. Monika Nur Lastiyani yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua narasumber dan seluruh peserta yang hadir dan berharap dengan adanya telaah pustaka budaya khususnya budaya sunda, masyarakat semakin mencintai bangsa Indonesia yang penuh dengan keragaman budayanya. Selain itu Ibu Monika juga menyampaikan bahwa acara seperti ini untuk tahun 2017 diadakan 6 kali, selanjutnya di bulan Agustus akan mengulas tentang pustaka dari Provinsi Banten, dan bulan September dari kebudayaan Madura Jawa Timur, yang semua kegiatan tersebut dilaksanakan di Yogyakarta.

Acara ini dihadiri sekitar 70 peserta yang berasal dari berbagai kalangan termasuk undangan siswa sekolah dari MAN 4 Bantul, SMAN 5 Yogyakarta dan SMAN 1 Banguntapan. Selain itu undangan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Kulonprogo dan Kab. Gunungkidul. Turut hadir pula dari kalangan akademisi UGM, UIN Sunan Kalijaga, UKDW dan Univ. Sanata Dharma. (nw)