19 September, 2017

Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan September 2017 kali ini mengangkat tema “Lokal Konten Pustaka Budaya Madura” yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah pada Selasa (19/9/2017) di Ruang Audio Visual lantai 3 Grhatama Pustaka Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY.

Dalam kesempatan ini, acara dibuka oleh Kepala BPAD DIY Budi Wibowo, SH. MM. yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua narasumber dan seluruh peserta yang hadir dan berharap dengan adanya telaah pustaka budaya khususnya budaya madura ini, masyarakat jogja diharapkan mengetahui kebudayaan yang tersimpan luar biasa dari Madura, yang mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh kebudayaan lain.

Narasumber Telaah Pustaka didatangkan dari akademisi dan kepala perpustakaan, pertama adalah Drs. Sudjono, MM. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, yang mengulas mengenai pustaka lokal kebudayaan Madura. Sedangkan narasumber kedua yaitu Dr, Abdur Rozaki, S.Ag. M.Si dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menceritakan tentang kehidupan sosial kemasyarakatan di Madura.

Acara ini dihadiri sekitar 70 peserta yang berasal dari berbagai kalangan termasuk undangan siswa sekolah dari MAN 3 Sleman, MAN 1 Yogyakarta. Selain itu undangan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Kulonprogo dan Kab. Gunungkidul. Turut hadir pula dari kalangan akademisi UGM, UIN Sunan Kalijaga, UKDW dan Univ. Sanata Dharma dan Mahasiswa dan Cendekiawan Madura yang tinggal di Yogyakarta. (nw)

Materi Telaah Pustaka Budaya Madura download di sini