DPAD Yogyakarta

WORKSHOP AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TAHUN 2018

 Perpustakaan  15 March 2018  admin_FH  2195
WORKSHOP AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH  TAHUN 2018

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY saat ini terus melakukan upaya dan inovasi dalam bidang kepustakaan. Salah satu kegiatan yang menjadi program BPAD DIY adalah akreditasi Perpustakaan sekolah. Sebelum melakukan akreditasi ke setiap sekolah BPAD DIY melakukan kegiatan pendampingan dan pembinaan ke semua perpustakaan sekolah, khususnya perpustakaan sekolah menengah atas (SMA)/ MA dan se-derajat untuk menuju akreditasi sesuai standar perpustakaan nasional (SPN).

Total perpustakaan yang ada adalah 441 perpustakaan sekolah SMA/ MA/ SMK di DIY, namun yang sudah terakreditasi saat ini adalah 23 perpustakaan. Sebanyak 17 perpustakaan di antaranya terakreditasi nilai A, empat perpustakaan nilai B, dan sisanya nilai C. Ke-23 perpustakaan tersebut diakreditasi sejak 2011 hingga 2017 lalu.

Kepala BPAD DIY, Monika Nur Lastiyani mengatakan masa berlaku akreditasi adalah tiga tahun, sehingga perpustakaan sekolahyang telah di akreditasi tiga tahun lalu perlu melakukanakreditasi lagi untuk memenuhi standar perpustakaan nasional.

“Semua perpustakaan harus dikelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan,” kata Monika, dalam workshop akreditasi yang diadakan oleh program pengembangan dan pembinaan perpustakaan di ruang seminar Gedung Grhatama Pustaka (GTP).

Workshop menghadirkan 60 peserta yang terdiri dari perwakilan sekolah SMA/SMK/MA, pengelola perpustakaan, hingga pejabat pengambil kebijakan dari kabupaten dan kota di DIY. Workshop tersebut sebagai persiapan menuju tahapan akreditasi perpustakaan sekolah. Sejumlah komponen penilaian akreditasi di antaranya koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, hingga penyelenggaraan dan pengelolaan.

BPAD DIY sudah membentuk tim akreditasi internal untuk membentu tim penilai dalam memeriksa dokumen dan fisik perpustakaan. Selain itu BPAD DIY juga akan mensurvei perpustakaan yang akan diakreditasi lebih dulu. “Tahun ini target 100 perpustakaan sekolah terakreditasi,” kata Monika.

Perpustakaan Lainnya

Koordinasi Perpustakaan dan Kearsipan se DIY Tahun 2017 Koordinasi Perpustakaan dan Kearsipan se DIY Tahun 2017
 26 January 2017  1759

Rabu, 25Januari 2017 BPAD DIY mengadakan rapat Koordinasi Perpustakaan dan Kearsipan seDIY di Grhatama Pustaka, ruang seminar....

Bedah Buku : “Aneka Daun Berkhasiat Obat” Bedah Buku : “Aneka Daun Berkhasiat Obat”
 24 February 2020  1036

Menghadapi cuaca yang tak menentu rasanya perlu kita antisipasi dengan menjaga kondisi tubuh. Untuk itu Dinas Perpustakaan dan...

Kunjungan Politeknik Bandung ke BPAD DIY Kunjungan Politeknik Bandung ke BPAD DIY
 3 May 2016  1139

Selasa 5 Mei 2016 BPAD DIY mendapatkan kunjungan dariPoliteknik Negeri Bandung D3 Admnistrasi yangberjumlah 30 mahasiswa dan 3...

Telaah pustaka: budaya Banten dibedah di Jogja Telaah pustaka: budaya Banten dibedah di Jogja
 23 August 2017  630

Selasa 23 Agustus 2017 bertempatkan di Grhatama Pustaka, BPAD DIY kembali mengadakan telaah budaya dengan mengusung tema budaya...