DPAD Yogyakarta

Pustakawan Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

 Perpustakaan  9 June 2015  Super Administrator  2328
Pustakawan Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

YOGYA - Pustakawan memiliki peranan strategis dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, sehingga kompetensinya harus terus ditingkatkan. Apalagi, sebagai penyedia layanan literasi dan pengarsipan data, seorang pustakawan dituntut profesional.

Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta Anis Masruri SAg SIP MSi, Selasa (19/5/2015) mengatakan, strategisnya posisi pustakwan seharusnya diberdayakan secara maksimal guna mendukung peningkatkan kualitas pendidikan secara optimal.

Anis Masruri yang juga lulusan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengatakan, hingga kini keberdaan pustakawan masih diabaikan, sehingga kompetensinya juga belum memadai. Karena itu, pustakawan harus diberdayakan dengan baik.

'Pengembangan Kompetensi Pustakawan dan Pendidikan Berkelanjutan pada Perguruan Tinggi Agama Islam: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Suka' adalah judul yang dituangkan dalam tugas akhir karya disertasi Anis Masruri di PPs UNY.

“Sebagai perpustakaan di Perguruan Tinggi Agama Islam, maka pustakawannya dituntut memiliki karakteristik dan kompetensi khusus," kata Anis Masruri. Promovendus menggunakan standar kompetensi mengacu Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008.

Dari penelitiannya, temukan fakta berdasarkan persepsi pustakawan, pimpinan perpustakaan, dan pengguna perpustakaan, pustakawan UIN Suka belum memiliki kompetensi yang baik dalam mengelola perpustakaan. Selain itu, seharusnya mereka mempunyai kompetensi bidang manajerial.

Sumber: http://krjogja.com/read/260874/pustakawan-berperan-tingkatkan-kualitas-pendidikan.kr

 

OPAC Perpustakaan BPAD DIY

Perpustakaan Lainnya

TERPILIH; PUSTAKAWAN BERPRESTASI TERBAIK TINGKAT DIY 2019 TERPILIH; PUSTAKAWAN BERPRESTASI TERBAIK TINGKAT DIY 2019
 30 April 2019  2189

Setelah melalui berbagai tahapan dan penilaian, dewan juri menetapkan pemenang pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat...

Wordcat: Pengkatalogan Online Dunia Wordcat: Pengkatalogan Online Dunia
 24 August 2020  2674

Wordcat: Pengkatalogan Online Dunia (www.worldcat.org) WorldCat adalah database informasi kleksi perpustakaanterlengkap di...

TELAAH PUSTAKA BUADAYA JAWA DENGAN TEMA “ TARI KLASIK DITINJAU DARI FILOSOFINYA” TELAAH PUSTAKA BUADAYA JAWA DENGAN TEMA “ TARI KLASIK DITINJAU DARI FILOSOFINYA”
 3 June 2016  1481

Moral merupakan suatu persoalan bagi hidupnya suatu bangsa. Nilai-nilaimoral digunakan untuk mengatur tatanan kehidupan...

BEDAH BUKU INSTAGRAM BUSSINES ROADMAP BEDAH BUKU INSTAGRAM BUSSINES ROADMAP
 9 October 2018  2488

Penggunaan media sosial diminta tidak hanya untuk update status, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis online. Tanpa kantor,...