DPAD Yogyakarta

Kegiatan Wisata Pustaka dan Arsip BPAD DIY

 Perpustakaan  11 May 2016  AdminWB  2684
Kegiatan Wisata Pustaka dan Arsip BPAD DIY

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat tentang Perpustakaan dan Arsip, khususnya untuk pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta, BPAD DIY mengembangakan program kegiatan Wisata Pustaka dan Arsip. Hal ini didukung dengan disediakannya bus Wisata Pustaka dan Arsip oleh BPAD DIY. Bus yang berkapasitas 34 orang ini disediakan khusus untuk menjemput masyarakat, mahasiswa, ataupun pelajar yang ingin berwisata Pustaka dan Arsip di DIY secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk merealisasikan kegiatan wisata Pustaka dan Arsip, maka BPAD DIY pada selasa, 10 Mei 2016 menjemput siswa SD Lanteng Baru Kajor, Selopamioro, Imogiri I untuk mengikuti Progran Wisata pustaka dan Arsip BPAD DIY. Dalam kegiatan ini para siswa diajak untuk mengunjungi ruang pamer Arsip yang berada di Jl. Tentara Rakyat Mataran No.29 DIY. Didalam ruang pamer arsip para siswa diberi penjelasan tentang sejarah Yogyakarta serta diberi penjelasan tentang pentingnya arsip, selain itu para siswa juga diperlihatkan foto-foto masa lampau jogja dan naskah-naskah kuno yang ada diruang pamer arsip tersebut.

Selain mengunjungi ruang pamer arsip, para siswa juga diajak berkunjung ke Grhatama Pustaka, para siswa diperkenalkan dengan fasilitas serta koleksi-koleksi pustaka yang ada disana. Para siswa juga diberi penjelasan akan pentingnya membaca serta pentingnya berkunjung keperpustakaan. Karena dengan berkunjung serta membaca koleksi-koleksi yang ada diperpustakaan para siswa dapat menambah wawasan serta ilmu, sehingga tidak hanya terpaku dengan materi yang diberikan dari sekolah mereka. Tidak hanya diberi edukasi, tetapi para siswa juga diajak menikmati wahana 6D yang ada di Grhatama Pustaka.

Dengan adanya Program Kegiatan Wisata Pustaka dan Arsip ini, diharapkan dapat menumbuhkan serta meningkatkan minat baca pada para siswa serta masyarakat, dengan kegiatan ini pula diharapkan dapat menyadarkan kepada para siswa serta masyarakat akan pentingnya arsip. Sehingga dengan program yang dibuat BPAD DIY ini dapat menciptakan masyarakat Yogyakarta yang berkarakter dan mengerti akan jati diri.

Perpustakaan Lainnya

Bimbingan Teknis Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SKID) BPAD DIY Bekerjasama dengan ANRI Bimbingan Teknis Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SKID) BPAD DIY Bekerjasama dengan ANRI
 3 May 2016  3701

Dalam rangka BimbinganTeknis Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SKID), untuk meningkatanpelayanan publik di bidang...

BPAD DIY Bedah Buku “Badan Usaha Milik Desa Spirit Usaha Kolektif” BPAD DIY Bedah Buku “Badan Usaha Milik Desa Spirit Usaha Kolektif”
 18 October 2017  979

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya menciptakan masyarakat yang inovatif, kreatif,...

WORKSHOP INDIKATOR KINERJA KUNCI (IKK) BIDANG PERPUSTAKAAN WORKSHOP INDIKATOR KINERJA KUNCI (IKK) BIDANG PERPUSTAKAAN
 17 November 2022  575

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY mengadakan rangkaian kegiatan Workshop Indikator Kinerja Kunci (IKK) Bidang...

Webinar: Metode Pengkajian Perpusdokinfo Seri 1 (Bibliometrik) Webinar: Metode Pengkajian Perpusdokinfo Seri 1 (Bibliometrik)
 27 October 2020  756

Webinar: Metode Pengkajian Perpusdokinfo Seri 1 (Bibliometrik) Pada tanggal 27 Oktober 2020 jam 14.00 s.d 15.30 WIB...