DPAD Yogyakarta

FGD Penyusunan Storyline dan DED Diorama Kearsipan

 Kearsipan  23 April 2018  AdminWB  1468
FGD Penyusunan Storyline dan DED Diorama Kearsipan

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan. Dalam arti kata luas, arsip merupakan berkas-berkas tertulis peninggalan masa lalu sebagai bukti hasil aktivitas manusia.

Betapa pentinganya sebuah arsip, Perhatian terhadap pentingnya arsip bagi kehidupan berbangsa dan bernegara perlu diwujudkan dalam bentuk visual sebagai rekaman memori kolektif bangsa. Untuk itulah Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY pada Jumat (20/04/18) bertempat di Hotel Royal Darmo Yogyakarta mengadakan kegiatan FGD Penyusunan Storyline dan DED Diorama Kearsipan.

BPAD DIY berencana membangun diorama hologram sejarah perjalanan berdirinya yogyakarta dari kerajaan mataran hingga keistemewaan DIY. Dalam kegiatan ini turut hadir sebagai nara sumber Budi Wibowo, S.H.,MM (Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY), Drs. Agus Santoso, M.,Hum (Direktur Layanan dan Pemanfaatan Anri), serta Nina Meinawati, SH (Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Purwakarta).

Budi Wibowo menegaskan bahwa pembanguan diorama hologram ini harus segera direalisasi dan terus dikawal. Ia mengatakan dengan adanya diorama hologram sejarah jogja ini akan menumbuhkan semangat generasi muda untuk mencintai daerahnya. Selain itu dengan dibangunnya diorama ini, maka yogyakarta tidak akan kehilangan karakternya. Budi menambahkan bahwa pembangunan diorama ini sebagai wahana wisata edukasi baik sejarah maupun pengenalan teknologi dengan cara yang menarik dan rekreatif.

Kearsipan Lainnya

KEBIJAKAN DI BIDANG KEARSIPAN 2018 KEBIJAKAN DI BIDANG KEARSIPAN 2018
 2 July 2018  1326

Silahkan download file KEBIJAKAN DI BIDANG KEARSIPAN 2018 disini

Arsip Masuk Desa Arsip Masuk Desa
 20 July 2011  4464

Pada tanggal 16 Juli 2009 ,Kepala Arsip Nasional telah menandatangai regulasi baru tentang Program Arsip Desa yang tertuang dalam...

Materi Bimtek Pengelolaan Arsip Sekolah Angkatan II Materi Bimtek Pengelolaan Arsip Sekolah Angkatan II
 21 August 2018  1196

Permohonan Penyerahan Arsip Permanen

Pameran Arsip Pameran Arsip
 31 August 2021  1478

"Konsep Surat dari Pangeran Ario, kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda, perihal ucapan terima kasih atas pemberian anugerah...