DPAD Yogyakarta

DIORAMA SEJARAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 Kearsipan  7 June 2016  AdminWB  4938
DIORAMA SEJARAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Arsip memiliki keterkaitan sebagai memori kolektif suatu daerah ataupun bangsa yang memiliki nilai historis tinggi, sehingga harus dipreservasi sebaik-baiknya. Arsip selain memiliki nilai historis juga dapat menjadi identitas dan jati diri suatu daerah ataupun bangsa. Arsip juga merupakan sumber pendidikan, sumber informasi, sumber penelitian, serta dapat menjadi sarana rekreasi.

Sebagai ibu kota Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Yogyakarta kaya predikat, baik berasal dari sejarah maupun potensi yang ada, seperti sebagai kota perjuangan, kota kebudayaan, kota pelajar, dan kota pariwisata. Disamping predikat-predikat yang dimiliki Kota Yogyakarta, sejarah dan status Yogyakarta merupakan hal menarik untuk disimak. Nama daerahnya memakai sebutan DIY sekaligus statusnya sebagai Daerah Istimewa. Status Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa berkenaan dengan runutan sejarah Yogyakarta, baik sebelum maupun sesudah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Keberadaan arsip di Yogyakarta tidak terlepas dari sejarah dan peran sejarah Yogyakarta. Seperti diketahui bahwa pemerintahan di Yogyakarta suadah ada jauh sebelum lahirnya Republik Indonesia. Kesultanan Yogyakarta sebagai penerus kerajaan islam di Jawa berdiri tahun 1755. Selain kesultanan Yogyakarta, pada tahun 1813 berdiri Kadipaten Pakualaman. Aktifitas kedua kerajaan tidak sekedar terkait dengan jalannya pemerintahan, tetapi juga terkait dinamika kehidupan masyarakat, pasang surut kondisi sosial, ekonomi, dan budaya.

Sehubungan dengan hal tersebut, BPAD DIY yang notabennya merupakan lembaga kearsipan, dalam upaya mewujudkan masyarakat pembelajar yang berkarakter dan berbudaya, menciptakan sebuah diorama kearsipan tentang sejarah perjalanan Yogyakarta. Diorama yang terletak di Kantor BPAD DIY Jl. Tentara Rakyat Matar No. 29 ini, berisi foto-foto serta naskah-naskah tentang sejarah perjalanan Yogyakarta, dari masa kesultanan hingga ditetapkan menjadi Daerah Istemewa. Selain itu didalam diorama kearsipan ini juga terdapat arsip-arsip yang menggambarkan tentang tokoh-tokoh maupun kejadian-kejadian penting di Yogyakarta. Dengan adanya diorama kearsipan ini, akan memudahkan pengunjung menangkap gambaran-gambaran sejarah serta kejadian-kejadian penting yang pernah ada di Yogyakarta.

Kearsipan Lainnya

Indeks Kepuasan Masyarakat Indeks Kepuasan Masyarakat
 13 September 2021  1003

Berikut merupakan nilai indeks kepuasan masyarakat yang sudah kami lakukan, terima kasih kepada semua yang sudah mengisi penilaian...

Materi Bimtek Pengelolaan Arsip Sekolah Angkatan II Materi Bimtek Pengelolaan Arsip Sekolah Angkatan II
 21 August 2018  1191

Permohonan Penyerahan Arsip Permanen

Pameran Arsip Pameran Arsip
 25 August 2021  1057

Arsip Surat dari STM Pertambngan nomor: 01/STMNP/1962 yang di berikan kepada Kepala Instansi Sipil/Militer se DIY tentang...

Pengumuman Daftar Pencarian Arsip Pengumuman Daftar Pencarian Arsip
 14 July 2020  2636

Pengumuman Daftar Pencarian Arsip