DPAD Yogyakarta

Bedah Buku Membangun Industri Rumah Tangga Menuju Keluarga Sejahtera

 Perpustakaan  24 August 2018  admin_FH  1190

Banyak cara yang bisa dilakukan warga untuk mencari penghasilan tambahan keluarga, tanpa membutuhkan modal bahkan ijazah formal. Di antaranya adalah memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di sekitar.

Demikian pembahasan yang mengemuka dalam diskusi dan bedah buku 'Membangun Industri Rumah Tangga Menuju Keluarga Sejahtera' yang digelar Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY dan Komisi D Dewan Perwkilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY di Balai Desa Selopamioro, Imogiri, Kamis (23/8/2018).

Diskusi dan bedah buku yang dihadiri seratusan warga Selopamioro tersebut menghadirkan Anggota Komisi D DPRD DIY, Suwardi; Kepala Dinas Kopersi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian Bantul, Sulistiyanto; prktisi UMKM Desa Selopamioro, Atik Sadiyah; dan editor buku, Taufiq Hakim.

Sulistiynto memaparkan hasil sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) 2016 lalu di Bantul pelaku usaha mikro di Bantul sebanyak 128.865 dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 207.684 orang. Sementara pelaku usaha kecil sebanyak 10.834 dengan jumlah tenaga kerja 55.694 orang. Adapun pelaku usaha menengah dan besar sebanyak 1.663 dengan jumlah tenaga kerja 60.002.

"Usaha terbanyak ada di sektor perdagangan dan eceran, kemudian disusul reparasi mobil dan motor 36,12 persen, kedua di sektor industri pengolahan 26,23 persen, dan ketiga di sektor akomodasi dan penyedian makan dan minuman 16,11 persen," kata Sulistiyanto.

Selanjutnya, Sulistiyanto lebih banyak mengulas buku. Dalam buku tersebut menjelaskan bahwa usaha skala mikro dan kecil banyak dilakukan secara rumahan dan menjadi potensi tersebesar untuk menciptakan lapangan usaha dan lapangan pekerjaan, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di Bantul.

Buku 'Membangun Industri Rumah Tangga Menuju Keluarga Sejahtera' secara umum membahas bagaimana cara mendirikan industri rumah tangga, memanfaatkan sumber daya alam atau lingkungan dan industri rumah tangga yang tidak perlu banyak modal, serta contoh-contoh jenis usaha yang bisa dilakukan masyarakat tanpa memerlukan pendidikan formal.

Namun pengembangan industri rumah tangga bisa berkembang biasanya berawal dari hobi dan teknologi tepat guna.

"Yang perlu digali untuk pengembangan industri rumah tangga bisa berawal dari sebuah kegiatan atau keterampilan yang turun temurun dalam sebuah keluarga. Atau bisa kegiatan yang banyak dilakukan oleh keluarga dalam sebuah wilayah, ini biasanya akan menjadi sentra industri," kata Sulistiyanto, mengutip buku.

Menurut Sulistiyanto pengembangan industri rumah saat ini paling menjanjikan, terutama berkaitan dengan industri kreatif.

Sementara itu Suwardi mengatakan pihaknya siap mendekatkan berbagai instansi dan perbankan kepada masyarakat dalam mengakses modal. Menurut dia, saat ini sudah ada beberapa bank yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses modal dalam mengembangkan usaha masyarakat, salah satunya bank BPD DIY.

Kepala BPAD DIY Monika Nur Lastiyani, mengatakan bedah buku yang digelar di Desa Selopamioro bagian dari upaya mendekatkan masyarakat dengan sumber informasi, terutama informsi seputar pengembangan industri rumahan. Selain melalui buku yang dibedah, pihaknya sudah menyedikan ribuan buku di perpustakan desa.

Buku-buku yang disediakan, kata dia, sebagian besar adalah aplikatif sesuai dengan potensi di tiap desa. Ia mencontohkan di Perpustakan Desa Selopamioro banyak buku soal tata cara bercocok tanam, cara memanfaatkan lahan yang sempit untuk bercocok tanam, cara beternak ikan, dan sebagainya.

"Jika masih kurang masyarakt bisa mengakses buku melalui aplikasi Ijogja lewat telepon selular untuk mengakses ribuan buku yang sudah kami sediakan," ujar Monika.


sumber: Harianjogja (http://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2018/08/2...)

Perpustakaan Lainnya

Talkshow Pembudayaan Gemar Membaca Talkshow Pembudayaan Gemar Membaca
 23 November 2018  1288

Wates, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar Talkshow Minat Baca 2018 di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulon...

Memperingati Hari Anak Nasional 2016 Memperingati Hari Anak Nasional 2016
 26 July 2016  2286

Selasa (26-07-2016), bertempatdi BPAD unit Rumah Belajar Modern (RBM) Jl. Imogiri Barat, Sewon, Bantul. BPADDIY bekerjasama...

Serah terima hibah mobil keliling dari Perpusnas Serah terima hibah mobil keliling dari Perpusnas
 27 January 2020  396

Pada tanggal 27 januari 2020 secara simbolis diserahkan hibah mobil peprustakaan keliling oleh Kepala DPAD DIY Dra. Monika Nur...

SEGERA.....PEMILIHAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI TERBAIK DIY 2020 SEGERA.....PEMILIHAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI TERBAIK DIY 2020
 21 July 2020  1637

Perpustakaan mempunyai peran strategis dalam mewujudkan masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan. Dalam konteks tersebut...