DPAD Yogyakarta

PEMBINAAN SDM KEARSIPAN MENUJU TERTIB ARSIP

 Artikel Kearsipan  8 January 2014  Super Administrator  992  3331
Download:  PEMBINAAN_SDM.pdf

A.    Latar Belakang

            Dalam Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Lembaga Teknis Daerah, dan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 54 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Badan perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menyebutkan bahwa Lembaga-lembaga Negara dan Badan-badan Pemerintah Pusat maupun Daerah wajib mengatur, menyimpan, memelihara dan menyelamatkan arsip.

Menyadari arti penting dan peran kearsipan dalam pelaksanaan tugas instansi, ketersediaan dan penyajian arsip sebagai komoditas instansi, pengelolaan kearsipan merupakan prasyarat penting. Dengan demikian penyajian secara cepat waktu, tepat guna dan lengkap informasi  akan sangat meningkatkan kinerja instansi dalam pelaksanaan tugas kelembagaan.

            Untuk mewujudkan pelaksanaan Sistem Kearsipan Pola Baru (SKPB) secara optimal di Pemerintah Daerah DIY, BPAD sebagai Lembaga Kearsipan  melaksanakan Pembinaan SDM Kearsipan bagi petugas di SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah DIY. Kegiatan dilakukan dengan cara membimbing petugas secara langsung baik melalui penyampaian materi dalam kelas serta mendampingi praktek secara langsung di masing-masing instansi terkait pelaksanaan sistem kearsipan pola baru.

Artikel Kearsipan Lainnya

APA ITU FOTO UDARA? APA ITU FOTO UDARA?
 9 October 2010  2525

Sistem Otomasi Naskah Dinas - Pengelolaan Surat Sistem Otomasi Naskah Dinas - Pengelolaan Surat
 6 August 2008  3063

Surat dinas merupakan sarana komunikasi yang umum digunakan di lingkungan instansi baik pemerintah maupun swasta disamping...

BENARKAH APKI TELAH MATI ? BENARKAH APKI TELAH MATI ?
 11 October 2010  1339

UPAYA PEMERINTAH MENINGKATKAN PERAN MASYARAKAT UPAYA PEMERINTAH MENINGKATKAN PERAN MASYARAKAT
 27 December 2010  3842

Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan mengatakan bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai...